Gen Pengembara

Oleh Babus Salam · Jumat, 04 Januari 2013 · Kategori Jalan-Jalan

MUSIM DINGIN 1769. Penjelajah Inggris Kapten James Cook, pada awal penyeberangan Pasifik pertamanya, menerima hadiah istimewa dari se­orang pendeta Polinesia bernama Tupaia. Ha­diah tersebut adalah peta pertama yang per­nah dilihat oleh seorang Eropa, yang meng­gambar­kan semua pulau utama di Pasifik Selatan.



Bagi Cook, peta itu langsung memberikan gambaran yang jauh lebih lengkap mengenai Pasifik Selatan daripada peta-peta yang ada di Eropa. Di situ ditunjukkan semua pulau uta­ma dalam lintasan sekitar 5.000 kilometer, dari Marquesas ke Fiji di barat.



Gambaran itu sesuai dengan yang pernah dilihat Cook, sekaligus me­nunjukkan banyak hal yang belum pernah dilihatnya sama sekali. Cook memberi tempat kepada Tupaia di Endeavour ketika dia merapat di Tahiti. Tidak lama kemudian, pria Polinesia itu membawa me­reka ke sebuah pulau yang tidak dikenal oleh Cook, sekitar 500 kilometer di selatan, tanpa melihat kompas, bagan, jam, atau sekstan.



Sejak menjadi pemandu di Endeavour, Tupaia terus membuat takjub dengan menuruti permintaan para awak kapal untuk menunjuk secara akurat ke Tahiti, tak peduli siang atau malam, mendung atau cerah.



Cook memahami makna keahlian Tupaia. Penduduk pulau-pulau yang tersebar di Pasifik Selatan berasal dari satu kelompok, yang dahulu telah menjelajahi, menghuni, dan memetakan samudra luas ini tanpa peralatan navigasi yang esensial bagi Cook—dan menyimpan peta itu di kepala mereka.



Dua abad kemudian, sebuah jaringan ah­li genetika global yang menganalisis jejak mi­­gra­si manusia modern membuktikan ke­­benaran dugaan Cook: leluhur Tupaia te­lah menghuni Pasifik sejak 2.300 tahun silam.



Kendati tampak mustahil, migrasi menyeberangi Pasifik merupakan lanjutan dari perjalanan darat menuju timur yang dimulai dari Afrika pada 70.000 sampai 50.000 tahun sebelumnya.



Perjalanan Cook adalah lanjutan dari pergerakan ke barat yang dimulai oleh leluhurnya sendiri, yang meninggalkan Afrika pada waktu yang kurang lebih bersamaan. Per­­jumpaan Cook dengan Tupaia menutup ling­karan, menyelesaikan perjalanan yang di­mulai oleh leluhur mereka beribu-ribu tahun silam. (OLEH DAVID DOBBS 

FOTO OLEH NATIONAL GEOGRAPHIC STOCK)




Satugeners Ketentuan Donasi
© 2012 Satugen