SMAN 18 Bandung Ajarkan Ilmu Otomotif dan Sablon

Oleh Ade Indra · Jumat, 07 Oktober 2011 · Kategori Almamater

Bandung ; (Satugen),- Keterampilan informal sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Untuk menyikapi hal itu SMAN 18, Kota Bandung membekali siswa cowok yang akan lulus dengan keterampilan otomotif dan seni Sablon. Selain itu, untuk siswa cewek ada materi keputerian seperti ; memasak atau menjahit.

 

Menurut Wakil Ketua OSIS SMAN 18, Kota Bandung, Tanti, program ini sudah lama dilakukan di SMAN 18 Bandung, sekolah ini yang pertama dan satu-satu SMA yang memberikan pelatihan keterampilan.

 

“SMAN 18 sekolah kreatif dan satu-satunya yang memberikan keterampilan kepada siswa yang mau lulus. Disekolah kita punya tempat atau bengkel praktek motor dan juga sanggar seni sablon. Semua pembinanya melibatkan guru dan juga alumni”,  seru Tanti saat berbincang dengan Satugen di Loby SMA 18, Bandung, Jl. Madesa, Kota Bandung, kemarin.

 

Setali tiga uang, Pembina OSIS SMAN 18, Kota Bandung, Herlina membenarkan bahwa program keterampilan yang diberikan di SMAN 18 Bandung, semata hanya untuk memberi bekal jika siswa yang keluar dari SMAN 18 tidak melanjutkan kuliah atau mau berwirausaha.

 

“Jadi intinya jika ada siswa yang enggan melanjutkan studi dia bisa memanfaatkan keterampilan itu dengan membuka bengkel motor atau, sablon. Ide keterampilan ini juga awalnya masukan dari para alumni yang sukses menjadi pengusaha bengkel dan industri Sablon”, terang Herlina.

 

Bagi para siswa cewek, keterampilan memasak dan menjahit juga bisa dijadikan modal untuk usaha jika dia malas melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi. Pengembangan ilmu keterampilan yang ada di SMAN 18 Bandung secara langsung disambut baik para siswa pada setiap angkatan.

 

Berkat adanya keterampilan ini, para siswa yang tidak melanjutkan kuliah atau sulit bekerja bisa mengembangkan usaha sendiri berbekal ilmu yang diajarkan para guru dan alumni. Program keterampilan yang diberikan di SMAN 18 Bandung telah banyak melahirkan pengusaha sukses di bidang industry kreatif di Kota Bandung. (Ade Indra)  



  Baggas Dimas menyukai ini
Berita Terkait
PMR 13
02 September 2010
D'Techno
02 September 2010

Satugeners Ketentuan Donasi
© 2012 Satugen